Translate

Senin, 31 Desember 2012

Error


Menangani Error
1.1 Jenis-Jenis Error
Dalam proses pembuatan program, bisa saja terjadi error yang menyebabkan program tidak berjalan sebagaimana mestinya. Dilihat dari penyebabnya ada 3 jenis error yang bisa terjadi, yaitu :
1. Syntax error – adalah error yang disebabkan oleh kesalahan menulis kode program. Misalnya : salah menuliskan nama object, property atau methodnya. Error jenis ini relatif mudah ditangani, IDE VB 6 akan memberi tanda kode program mana yang menimbulkan syntax error. 

2. Runtime error – adalah error yang disebabkan oleh sistem komputer ketika melakukan sesuatu. Misalnya : menyimpan file ke disket tetapi disketnya tidak ada. Sistem akan “memberitahu” kepada program informasi error yang terjadi. Informasi error yang penting diantaranya adalah nomer error dan deskripsi error. VB 6 “menyimpan” informasi error tersebut pada object Err. Melalui object Err inilah kita bisa menangani runtime error.

3. Logical error – adalah error yang disebabkan oleh kesalahan logika pemrograman (dari si programer). Misalnya : salah meletakkan urutan kode program. Error jenis ini relatif sulit diketahui dan bisa saja baru diketahui setelah program di-compile menjadi executable file (*.exe). Kejadian seperti ini sering disebut sebagai bug. Pada bab ini akan dibahas khusus bagaimana cara menangani runtime error.

1.2 Menangani Runtime Error
Untuk menangani runtime error, di dalam kode program dibuatkan bagian khusus untuk menangani error yang terjadi. Bagian khusus ini diberi tanda berupa <label>. Agar setiap error yang terjadi dapat ditangani oleh bagian khusus ini, pada awal kode program ditulis perintah berikut ini :


On Error GoTo <label>
Contoh :
On Error GoTo AdaError
                                                        kode-kode program yang mungkin menimbulkan runtime error
AdaError:
                                                        kode-kode program untuk menangani runtime error
Selanjutnya untuk mengetahui informasi error apa yang terjadi, gunakan object Err. Object Err merupakan object built-in yang disediakan VB 6 untuk menangani error. Seperti halnya object yang dibuat dengan kontrol/komponen (misalnya TextBox), maka object Err juga mempunyai property dan method.
Property object Err yang penting diantaranya adalah property Number dan Description. Untuk mengetahui nomer error yang terjadi, gunakan property Number. Sedangkan untuk mengetahui deskripsi error yang terjadi, gunakan property Description.
Dengan menggunakan property Number, kita bisa menangani setiap error dengan cara yang berbeda. Misalnya : untuk setiap error yang terjadi akan dimunculkan kotak pesan dengan bahasa Indonesia. Cara ini dapat Anda lihat pada contoh program.
Setelah error ditangani, kode program dapat dikembalikan ke bagian tertentu dengan perintah Resume. Ada 3 bentuk perintah Resume, yaitu :
1.       Resume – kembali ke kode program yang menimbulkan error. Biasanya digunakan untuk retry (mencoba lagi).
2.       Resume <label> – kembali ke bagian tertentu pada kode program yang diberi tanda <label>.
3.       Resume Next – kembali ke kode program berikutnya (kode program setelah kode program yang menimbulkan error). Biasanya digunakan untuk abort atau cancel (mengabaikan atau membatalkan).

Contoh penggunaan perintah Resume dapat Anda lihat pada contoh program.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar