Translate

Rabu, 17 Oktober 2012

latihan

Belajar  Visual Basic Studio 2008
1.      Latihan 1 ( Membuat Daftar Keterangan Siswa )

I.                    Langkah pertama buka VB 2008 anda ( klik start – All program – MS. Visual studio 2008


II.                  Setelah VB terbuka mulailah ta untuk bekerja ( klik file – New – project ) beri nama project anda, disini saya buat latihan 1 kemudian klik OK


III.                Akan muncul form1 pada project,kita beri nama dan text form tersebut terlebih dahulu cari property ubah file name sesuka hati disini saya beri nama “isi” dan text “Daftar”



IV.                Cari tools box, klik 2 kali tools label untuk penamaan variable seperti “Nama”, “NPM” dan ”Jurusan” ( klik label lihat property cari text,ubah kolom text menjadi “Nama,NPM dan Jurusan”



V.                  Cari text box pada tools box kemudian atur kotak disebelah lebel yang sudah diubah menjadi “Nama” dan ubah name diproperty dengan “NM”



VI.                Cari combobox pada tools box kemudian atur dsebelah label yang sudah diubah textnya “NPM” dan ubah name diproperty dengan “npm”



VII.              Cari combobox pada tools box untuk jurusan atur desebelahnya dan beri name “jurusan”




VIII.            Setelah memakai textbox dan combobox kita kita tambahkan 1 tools lagi yaitu button, kita masukkan dua buttom untuk hapus dan keluar. Beri name dengan keluar dan hapus seperti memberikan name pada tools sebelumnya jangan lupa text kita ubah juga



IX.                Mulai kita masuk pemogramannya, ingat!!! Pengetikan dalam program sensitif huruf besar dengan huruf besar beda arti. Klik 2x didalam form masukkan program seperti gambar dibawah ini.




X.                  Klik button hapus masukkan program seperti gambar dibawah ini,dan klik 2 kali dibutton ketikkan “And”



XI.                Program sudah selesai kita coba jalankan program dengan tekan tombol F5. Selamat  mencoba semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar